14 September 2012

Manfaat Yogurt dan makanan probiotik

Apa sih probiotik itu? Ada yang tau? Atau malah ada yang baru denger? Yah, mending kita bahas ajalah…

Probiotik sebenarnya adalah bakteri “baik” dalam bentuk pangan yang harus tersedia dalam jumlah cukup agar seimbang dalam menghadapi bakteri “jahat”. Berkat keseimbangan itu, daya tahan tubuh akan meningkat.

Tuhan yang Maha Esa sebenarnya sudah member kita hadiah berupa makanan probiotik di tubuh kita(wanita)yaitu ASI. Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber utama hadirnya bakteri “baik” dalam usus besar dan satu-satunya pangan dengan kandungan zat gizi paling sempurna bagi bayi.Mahasuci Allah, Tuhan pencipta alam semesta!

Selain ASI, para pakar juga memasukkan pangan hasil fermentasi tradisional seperti Yogurt, Tempe, Dadih, Tape ketan, Tape singkong, Bremcair, Cairan tape ketan (Badheg), Tauco, Acar, Miso, Kefir, dan Cottage Chesse.
Yogurt
Apa aja sih manfaat makanan probiotik termasuk yogurt untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan kita?
Jawabannya gampang dan buanyak. Apa aja? Kita lihat sebagian aja ya, ini nih!   

Hipertensi 
Mampu menurunkan tekanan darah berkat peptide bioaktif hasil aktivitas fermentasi kasein(sejenis protein pada susu) oleh bakteri probiotik.
Infeksi saluran kemihatau organ genital  
Mampu menekan infeksi pada saluran kemih dan organ genital (kelamin).Probiotik Lctobacillus menurunkan tingkat keasaman (pH) pada saluran kemih dan organ geital sehingga mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat, penyebab infeksi. 

Intoleransi terhadap laktosa
Suatu kondisi tubuh yg tidak dapat mencerna senyawa karbohidrat susu (laktosa) akibat kurangnya enzim lactase. Yogurt yang mengandung prebiotic terbukti memiliki laktosa yang lebih mudah dicerna sehingga dapat mengatasi gejala laktosa intoleran. 

Menurunkan kadar kolesterol
Probiotik jenis L. acidophilus mampu menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengasimilasinya. Probiotik Lactobacillus dab=n Bifidobacterium meningkatkan sekresi asam empedu yang berakibat penurunan kadar kolesterol darah. 

Manfaat lain 
Efek perlindungan tehadap Helicobacter pylori di lambung, mengurangi tingkat keparahan dan mempercepat penyembuhan radang usus yang disebabkan oleh virus, asma, diare yang disebabkan oleh rotavirus, mengurangi gejala peradangan dan alergi, menurunkan kejadian gangguan pernapasan, dan mencegah kanker, khususnya kanker usus.

So, manfaatnya segudangkan? Tunggu apa lagi? Ayo makan yogurt, tempe dan produk probiotik lainnya!!! 

Sumber: Menu Sehat edisi 12 tahun 2006

No comments:

Post a Comment