31 May 2017

Hal-Hal yang Dianggap Membatalkan Puasa tapi Ternyata Tidak



Marhaban Ya Ramadhan ^^ Selamat datang bulan penuh berkah, bulan yang dinantikan hampir seluruh umat Islam. Yap, hari ini, 31 Mei 2017, tepat 5 hari umat Islam di  Indonesia menjalani ibadah puasa.


Oya, salah satu yang saya suka dari bulan Ramadhan akhir-akhir ini adalah Sidang Isbat-nya, atau sidang penentuan awal bulan Ramadhan di Indonesia. Mengapa saya suka? Karena sidang isbat-nya, mungkin mulai tahun 2016 kemarin, sudah tidak digelar terbuka dan artinya kita tak perlu repot-repot melihat “PERTENGKARAN” petinggi-petinggi Organisasi Islam berseteru masalah awal puasa. Sungguh menyebalkan pada tahun-tahun sebelumnya, selalu ribut-ribut masalah hal begitu, tak mau mengalah satu sama lain. Mungkin memang penting sih, tapi dasarnya kalau saya sih ngikut pemerintah. Kan ada firman Allah yang isinya

أطِيعُوا الله وأطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولى الأمْرِ مِنْكُمْ
Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul-Nya serta ulil amri kalian” (QS. An Nisa: 59)

Dan ulil amri yang dimaksud diatas adalah pemerintah, jadi kalau mengikuti anjuran pemerintah kan ya sah-sah saja kan. Dan beberapa tahun ini, keputusan Menteri Agama yang membuat sidang isbat tertutup menurut saya sangat bagus sekali! Jadi tidak perlu melihat perpecahan agama di TV Nasional.

Lanjut deh, saya mulai melantur. Jadi di artikel kali ini saya akan membahas Beberapa Hal yang Dianggap Membatalkan Puasa tapi Ternyata Tidak! Apa saja itu? Yuk kita bahas satu per satu

BERKUMUR ATAU SIKAT GIGI

Dulu waktu saya masih kecil, saya sering bingung, boleh tidak ya berkumur/sikat gigi, kan airnya masuk mulut? Ternyata BOLEH! Karena kebersihan sebagian dari Iman dan sikat gigi itu termasuk menjaga kebersihan mulut, jadi aman-aman saja jika mau sikat gigi. Tapi ingat ya, jangan ditelan loh air kumurnya, bisa batal tuh

MENANGIS
Ini juga cerita waktu saya masih kecil. Selalu saja digoda, jika menangis puasa batal. Dan waktu itu, saya percaya-percaya saja, haduuuhhh anak kecil banget. Menangis itu juga tidak membatalkan puasa, tidak ada dasarnya menangis membatalkan puasa. Itu hanya akal-akalan kakak atau orang tua agar si anak tidak gampang menangis

KENTUT
Kentut juga tidak membatalkan puasa ya.. Jadi kalau mau kentut, kentut saja. Oiya, tapi kalau memasukkan benda melalui dubur, itu membatalkan puasa ya.. Jangan aneh-aneh lah pokoknya.

MENGICIPI MAKANAN

Ada yang bilang sih mengicipi makanan itu tidak membatalkan puasa tapi ada juga yang bilang membatalkan puasa. Jadi mengicipi makanan itu hukumnya makruh, tidak dilakukan akan lebih baik. Mengicipi makanan tidak membatalkan puasa asal tidak menelannya, hanya sebatas lidah. Tapi kalau usul saya sih, mending tak usahlah diicipi, percaya saja sama kemampuan menakar tangan kita, takutnya nanti malah jadi batal deh puasa kita.

BERBEKAM
Melakukan pengobatan beka tidaklah membatalkan puasa, karena Rasulullah SAW juga pernah melakukan beka ketika beliau berpuasa. Jadi silakan saja jika ingin berbekam

TETES MATA

Ternyata tetes mata juga tidak membatalkan puasa walaupun ada prinsipnya cairan tersebut masuk ke tubuh kita.

Mungkin itu dulu kali ya, ilmu yang bisa saya bagi. Saya sudah cari dari berbagai sumber kok, jadi sepertinya benar. Oiya, MEROKOK ITU MEMBATALKAN PUASA YA, jadi jangan salah kaprah! Terima kasih, salam ^^

No comments:

Post a Comment