16 August 2016

Tempat jual online barang bekas


Kadang kita tentu punya barang yang sudah malas kita pakai/gunakan tapi sayang kalau dibuang padahal juga udah menuh-menuhin tempat... Gimana solusinya? YA! Jual aja!! Lumayan, dapet uang dan ruangan jadi lebih lapang kan?? :) Gimana caranya?
Jualan barang sekarang sudah tidak harus buka toko, dijual di depan rumah. Kita bisa jualnya di toko online yang bisa menjangkau pembeli seluruh Indonesia. Tentunya dengan biaya Rp 0 alias GRATIS.
Oya biasanya orang-orang menyebut barang bekas sebagai barang preloved, maksudnya yaa barang bekas tetapi kebanyakan ditujukan untuk barang bermerk pernah pakai dan akan dijual oleh pemiliknya.
"Preloved adalah sebuah kosa kata bahasa Inggris yang menurut Oxford Dictionaries berarti barang yang sebelumnya pernah dimiliki dan akan berpindah tangan, atau istilah lainnya adalah secondhand."
Apa saja online shopnya? Yuk simak..

OLX.co.id

 
Antarmuka olx.co.id

Situs jual beli OLX (yang sebelumnya berniaga.com dan tokobagus.com) merupakan situs yang cukup terkenal di Indonesia. Penggunanya sudah mencapai 1 juta per harinya. Jadi tentu barang jualanmu bisa direspon lebih cepat oleh para pembeli. Biaya untuk pengiklanan Rp 0 atau gratis. Tetapi ada batas waktu pengiklanan (sekitar 1 bulan) dan setiap ID pengguna hanya bisa mengiklankan maks 10 produk dalam suatu periode. 



FJB KASKUS

Sebenarnya kaskus awalnya merupakan forum tanya jawab antar pengguna, akan tetapi lama kelamaan banyak yang menggunakannya untuk menjual barang dagangannya. Jadi munculnya Forum Jual Beli (FJB) Kaskus. Bisa dibilang ini nenek moyang situs jual beli online di Indonesia, bahkan banyak istilah-istilah internet seperti Juragan, pertamax, dll muncul pertama kali di Kaskus. 
Forum jual beli kaskus juga pasti banyak penggunanya, mengingat forum ini sudah bertahun-tahun lalu ada. Barang yang dijual bermacam-macam mulai dari barang keperluan pribadi hingga jasa ada di FJB Kaskus.

JUALO

Situs jualo.com ini konsepnya mirip dengan Olx.co.id, bahkan mungkin bisa dibilang ingin menjadi saingan dari olx. Biaya iklan tidak ada alias gratis. Tapi menurut penulis, penggunanya belum sebanyak olx.co.id, mengingat prelo.com masih pemain baru dalam ajang jual beli barang bekas (dibanding dengan olx.co.id yang sudah berdiri sejak 2005).

PRELO

Prelo merupakan situs jual beli yang bermarkas di Bandung. Situs ini mengkhususkan diri menjual barang bekas yang berkualitas bagus (No KW). Penjual tidak dipungut biaya apapun untuk mengiklan. Prelo mengadakan semacam promo untuk menarik minat pembeli/member baru yaitu member baru mendapat subsidi Rp 25.000 dengan menggunakan voucher penjual sehingga biaya yang dikeluarkan dikurangi Rp 25.000.
Barang yang dijual di prelo juga bermacam-macam, tidak terbatas pada barang fashion saja. Terkadang juga ada barang yang gratis ongkir, penjual yang membayar biaya ongkirnya.

TOKOPEDIA


Tokopedia, sebenarnya tidak mengkhususkan diri dalam menjual barang bekas. Bahkan bisa dibilang banyak barang baru dengan kualitas bagus dijual disini. Tetapi kita masih bisa menjual barang bekas kita di Tokopedia. Biaya iklan juga tidak dipungut biaya dan tidak ada batas waktu tertentu untuk pengiklanannya.

 

 

 

BUKALAPAK


Bukalapak, konsepnya mirip tokopedia. Kita bisa menjual barang bekas kita di Bukalapak, Gratis! Untuk penjual bahkan bisa menggunakan fitur diskon untuk menarik minat pembeli agar barang dagangan kita lebih laku.
Filter pencarian bukalapak menurut penulis lebih 'canggih' dibanding tokopedia karena pencarian bisa berdasarkan kondisi barang yaitu baru atau bekas. (mengingat kita sedang membahas mengenai jual beli barang bekas)


SHOPEE

 
Shopee merupakan situs jual beli di aplikasi yang juga bisa diakses di website. Shopee sebenarnya juga tidak memfokuskan diri menjual barang bekas tetapi disini kita bisa menjual barang bekas. Kebanyakan di Shopee, barang bekas tidak dibilang 'bekas' tetapi 'preloved'. Sistem di Shopee juga mirip instagram jadi penjual bisa menggunakan # *












Itu dia online shop yang bisa digunakan sebagai sarana jual barang bekasmu. Semoga bisa membantu.

Mau tahu perbandingan antar toko online yang ada di Indonesia, bisa kok!  Simak aja tulisan Review onlineshop berikut! Terima kasih sudah menyimak.. :)
Sumber: berbagai sumber.. - http://73am.blogspot.com -

No comments:

Post a Comment