17 August 2016

Perbandingan toko online di Indonesia (lanjutan)

Hai :) Mau tahu lanjutan dari artikel Perbandingan toko online di Indonesia I yang ditulis kemaren? Ini nih lanjutannya... Beberapa toko online yang lagi ngehits...

Blibli


Blibli merupakan e-commerce Indonesia yang merupakan produk dari PT Globall Digital Niaga (anak perusahaan Djarum) yang didirikan pada tahun 2010. Sebenarnya Blibli.com juga merupakan marketplace kumpulan berbagai toko online seperti tokopedia, bukalapak, shopee; akan tetapi di Blibli.com penjualnya hanyalah toko-toko resmi yang mereka (pihak blibli) hubungi sendiri untuk berjualan di marketplace tersebut.
Keunggulan:
  • Gratis biaya kirim ke seluruh Indonesia
  • Cicilan 0% 
  • Barang dijamin kualitasnya
  • Beragam cara pembayaran seperti transfer, kartu debit/ kredit, sakuku, XL-tunai, Mandiri e-cash
  • Bagi yang tidak memiliki rekening bisa bayar COD, via Indomaret, via Pos Indonesia
  • Banyak event / promo menarik setiap periodenya
  • Ada diskon khusus app, diskon periode tertentu, diskon member baru
Kekurangan: 
  • Harus registrasi/login ketika membeli
  • Kebanyakan diskon/promo dikhususkan bagi pembayaran kartu kredit
  • Banyak syarat dan ketentuan promo yang "meribetkan"

Mataharimall.com

MatahariMall.com yang beridiri pada 2015 adalah anak perusahaan Grup Lippo yang juga memiliki retail seperti Hypermart, Matahari Departemen Store, Books & Beyond, televisi berlanggan Big TV, layanan internet First Media, dan saluran tv swasta BeritaSatu.

Keunggulan:
  • Gratis biaya kirim
  • Banyak diskon dan promo menarik setiap harinya, tidak banyak syarat tentunya
  • Merupakan situs jual-beli sehingga user dapat melakukan aktivitas jual dan beli
  • Ada event poin dimana member yang beruntung bisa mendapatkan hadiah mingguan 
  • Beragam cara pembayaran seperti transfer, setor tunai, kartu kredit, O2O (Online to Offline), dan COD
Kekurangan:
  • Terkadang harga tidak jujur artinya harga dinaikkan dulu baru kemudian didiskon.. kadang memang jadi lebih murah dari "harga asli", kadang lebih sama atau bahkan lebih mahal dari "harga asli"
  • Pembeli tidak dapat memberikan ulasan ataupun rating terhadap barang yang telah dibelinya dan kepada penjual
  • Harus login/registrasi untuk melakukan pembelian

Lazada.co.id

 
LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara. Lazada merupakan situs jual beli dengan sistem rekening bersama. Barang yang dijual bermacam-macam, mulai dari alat rumahtangga, motor, hingga pakaian. Apa keunggulan dan kekurangannya? Simak yuk..

Keunggulan:
  • Banyak diskon / promo / voucher menarik dan tidak banyak syaratnya
  • Ada fitur rating penjual dan produknya
  • Gratis biaya kirim dikota tertentu dengan minimal transaksi Rp 30.000
  • Beragam cara bayar seperti transfer, bayar via helloPay di Indomaret, cicilan online, dan COD
 Kekurangan:
  • Proses pengembalian barang yang ribet. Jika produk yang dikembalikan ditolak oleh pihak Lazada, maka ongkos kirim akan dikenakan pada pembeli. Ini berarti pembeli harus membayar 2 x ongkir.
  • Produk yang ditawarkan perlu diperhatikan betul apakah asli /original. Walau katanya lazada sudah menjamin keaslian/kualitas produk 
  • Terkadang harga tidak jujur artinya harga dinaikkan dulu baru kemudian didiskon.. kadang memang jadi lebih murah dari "harga asli", kadang lebih sama atau bahkan lebih mahal dari "harga asli"
  • Tidak semua kota, gratis ongkir 
  • COD masih belum diberlakukan di banyak kota. Dan untuk pembayaran COD terkadang pengirimannya lama.
  • Harus login/registrasi untuk melakukan pembelian

Zalora

 
Zalora Indonesia didirikan pada tahun 2012, merupakan online shop yang menyediakan kebutuhan mode pakaian baik dari brand lokal ataupun brand internasional.

Keunggulan:
  • Gratis ongkir jika belanja minimal Rp 300.000
  • Banyak promo/diskon menarik
  • Beragam cara bayar seperti COD, Transfer, Kartu kredit 
  • 30 hari gratis pengembalian (syarat & ketentuan berlaku)
  • Diskon untuk member baru
Kekurangan:
  • Hanya produk fashion saja yang dijual
  • Fasilitas COD belum menjangkau semua kota di Indonesia
  • Harus login/registrasi untuk melakukan pembelian
  • Produk yang ditawarkan perlu diperhatikan betul apakah asli/original ataukah palsu.

Prelo.co.id


Prelo adalah aplikasi jual beli barang bekas berkualitas. Mirip dengan Olx, tapi di prelo mengedepankan "Semua yang dijual di Prelo adalah barang-barang bekas atau tak terpakai yang asli alias NO KW".

Keunggulan:
  • Barang yang dijual bermacam-macam dan bermerk baik lokal maupun internasional
  • Tampilan website/apps menarik dan setiap produk ada special story-nya serta dicantumkan harga beli produk
  • Ada diskon Rp 25.000 untuk member baru
Kekurangan:
  • Harus login/registrasi ketika akan membeli
  • Fitur gratis ongkir hanya berlaku jika penjual mengaktifkan gratis ongkir untuk produknya (biaya ongkir ditanggung penjual)
  • Harga relatif lebih mahal walaupun barang sudah bekas/preloved
  • Fitur pencarian masih sangat jelek, belum ada filter tertentu ataupun view secara urut berdasarkan sesuatu

Mungkin ini dulu online shop yang dibahas kali ini. Ada buanyak banget online shop di Indonesia sekarang ini. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Yang penting tinggal kita sebagai pembeli pintar-pintar pilih barang dan penjual aja. Jangan terlalu tertarik dengan harga yang sangat murah, takutnya kualitasnya jelek atau malah barang tidak sampai di tangan.
Sekian dulu ya.. Terima kasih sudah menyimak.. Bye bye :)

http://73am.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment