07 October 2016

1 JUTA DOMAIN GRATIS KOMINFO




1juta domain gratis? Apa maksudnya?  Domain bagiin duit 1 juta?   hmmm..Bukan!
Jadi domain itu nama nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer, gampangnya nama alamat web gitu.. misal: google.co.id, 73am.blogspot.com, dll.

Domain itu sendiri pun ada tingkatannya.
  • Yang paling bagus/tingkat 1 masih dipegang (.id), harganya masih lumayan mahal sekitar Rp 550.000 pada tahun 2016 ini, sepertinya tahun depan masih akan diusahakan turun harga.
  • Yang level 2 diantaranya ada (co.id), (.net), (.org), (.web), dll, harga berkisar Rp 110.000 (beda-beda tiap provider ya)
  • Terus ada domain murah tapi mungkin belum familiar di masyarakat, namanya (.xyz), harganya hanya berkisar Rp 10.000. Tapi jangan salah! Domain .xyz ini sudah digunakan google sebagai domain salah satu anak perusahaannya yaitu abc.xyz jadi jangan ‘remehkan’ domain .xyz
Balik lagi ke 1 juta domain gratis. Jadi apa maksudnya itu?
Satu juta domain gratis adalah kegiatan yang dilakukan Kementrian KOMINFO (Komunikasi dan Informatika) bekerja sama dengan PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) membagi-bagikan domain gratis kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), Sekolah, Komunitas, Pondok pesantren, dan Desa.

Tadi sudah dibahas kan, harga domain berkisar Rp 100.000 – Rp 550.000 jadi tentu lumayan dong, kalau dibayari pemerintah.  Itu pun hosting juga sudah ikut dibayari pemerintah, untuk 1 tahun pertama. Jadi kurang lebih dibayari pemerintah sekitar Rp 800.000, hampir 1 juta juga kan.

Hosting apa itu? Hosting adalah space harddisk dalam komputer server  yang digunakan untuk penyimpanan database, email dan file web, gampangnya hosting itu kapasitas besar data, file, gambar yang dapat ditaruh di web. Semakin besar kapasitas hosting, semakin besar biayanya. Hosting yang disediakan di program 1 juta domain adalah hosting starter/pemula , harga hosting per tahun berkisar Rp 250.000

Oya, domain di program ini berlaku untuk 1 TAHUN SAJA, setelah 1 tahun berlalu, silakan perpanjang sendiri dengan budget masing-masing. Bisa lanjut dengan provider yang sama ataupun ganti provider. Saya sudah bahas harga domain ya, jadi kira-kira harga segitulah yang harus dibayar waktu perpanjang domain.

Provider? Apa itu? Provider adalah pihak penyedia hosting dan domain. Program 1 juta domain ini telah bekerja sama dengan beberapa provider diantaranya rumahweb, merekmu, jala lintas media, bcomm, melsa, jogjacamp, dll.

Jadi sebenarnya domain ini untuk siapa saja?
Domain ditujukan untuk UMKM, Sekolah, Komunitas, Pondok Pesantren dan Desa.  Perorangan apa bisa? Bisa! Asal memiliki suatu usaha baik jasa ataupun barang, ataupun komunitas. Kan tujuan program 1 juta domain adalah untuk menumbuhkan konten-konten positif dari Indonesia, industri e-commerce dan digital kreatif di Indonesia. Diharapkan dengan pemberian domain gratis ini usaha mikro kecil menengah yang tadinya hanya bisa memproduksi kini juga bisa memasarkan langsung bukan hanya di daerah sekitar tetapi juga di berbagai daerah, tentu melalui pemasaran internet.

Bagaimana cara daftarnya?
Program 1 juta domain ada 2 cara pendaftaran: 
  • Mandiri  
Untuk mandiri, silakan daftar online di http://daftar.1juta.id . Diharapkan yang mendaftar mandiri sudah memiliki kemampuan mengelola web (programmer) karena tidak disediakan pendamping. Waktu yang dibutuhkan ± 2 minggu, harap mengisi formulir dengan benar agar tidak ditolak.
  • Melalui koordinator daerah masing-masing 
Pendaftaran dilakukan dengan mendaftar ke koordinator / tim pendamping di daerah. Tim pendamping yang tersedia baru di beberapa daerah saja diantaranya Jawa barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, D.I.Yogyakarta, Banten, Sumatera Barat, Lampung dan Riau. Waktu yang dibutuhkan biasanya lebih cepat dari mandiri, berkisar 1 – 7 hari saja, serta mendapatkan pelatihan dari tim pendamping.

Apa 1 orang bisa dapat 2 domain atau lebih?
Tidak bisa! Satu orang 1 domain! Orang yang memiliki usaha atau komunitas yaa

Kapan program 1 juta domain berakhir?
Program ini direncanakan berlangsung hingga 2018.

Untuk info lebih lanjut https://1juta.id/

No comments:

Post a Comment