28 November 2016

Acer Switch Alpha 12, notebook 2 in 1 untuk kamu yang switchable



Hobi dan profesi memang dua hal yang tidak dapat dilepaskan begitu saja. Profesi tanpa memiliki hobi tentu rasanya kurang asyik bahkan hidup mungkin bisa terasa hampa. Karena yaa..tiap hari masak hanya kerja, kerja dan kerja? Kan butuh suatu aktivitas agar otak bisa refreshing dan tidak jenuh karena pekerjaan yang menumpuk. 
Travelling di sela-sela kuliah

Hobi itu pun ada bermacam-macam, ada yang hobi masak, menulis, jalan-jalan, bermain games dan banyak lagi. Hobi yang sedang nge-hits sekarang, salah satunya adalah hobi travelling. Ya..travelling atau jalan-jalan menjelajah suatu tempat, kota, daerah ataupun negara juga menjadi salah satu hobi yang paling saya sukai. Mengapa tidak? Dengan ber-travelling, kita bisa mengenal orang-orang baru, belajar kebudayaan baru, mengenal makanan dan sejarah tempat tersebut secara langsung.

Tetapi ketika travelling, kita tidak bisa begitu saja mengabaikan profesi atau pekerjaan kita. Apalagi jika ada pekerjaan ataupun tugas menumpuk. Padahal terkadang di sela-sela waktu libur ataupun senggang ketika kantor atau kuliah kosong, ingin rasanya ber-travelling ­sejenak. Begitu pula dengan saya. Walaupun saya masih mahasiswa di salah satu Universitas di Yogyakarta, bisa dibilang waktu luangnya sedikit.

Bagaimana bisa? 
  • Senin - Jumat : Kuliah sampai sore jam 3 an, walau tidak setiap hari begitu tetapi biasanya 4 hari dari 5 hari kuliah memang seperti itu
  • Sabtu - Minggu:
    Libur sih, tapi biasanya kami (baca: anak kuliah) gunakan untuk rapat ataupun kumpul mengerjakan tugas yang menumpuk dari Bapak Ibu Dosen yang “baik hati” memberi kami tugas menumpuk
Belum lagi kalau kami rapat acara yang sudah mau mepet (kurang lebih H-10), uh, pasti hampir tiap hari kami pasti kumpul untuk bahas progress persiapan acara, dan itu selesainya bisa sampai malam jam 9-an bahkan lebih. Habis itu pulang, lelah, dan tidur. Esoknya kuliah. Kan!!! Waktu luangnya hampir tidak ada.
Kuliah - presentasi tugas - kerja kelompok
Jadi sebagai mahasiswa, kita juga harus pandai-pandai ber-multitasking­ antara kuliah dengan hobi, apalagi kalau hobinya travelling, tentu tidak akan melewatkan waktu luang walau hanya sehari untuk berjalan-jalan/travelling dong.

Jadi apa solusinya?

Ya, kalau saya sih biasanya saya bawa laptop kemana pun saya pergi, apalagi kalau hari itu ada janji sama temen buat ngerjain tugas bareng atau rapat acara.

Berat dong?

Ya mau gimana lagi? Tempat kos/rumah jauh dari tempat janjian. Harus bolak balik, sayang waktu dan bensinnya. Apalagi rencananya pagi mau jalan-jalan dulu, sore baru kumpul buat ngerjain tugas/rapat. Kan lebih efisien kalau bawa laptop langsung. Lagian sekarang ternyata ada laptop/notebook yang ringan dan powerfull, cocok untuk ngerjain tugas, ngoding, dan browsing.

Terus pernah juga saya ada pengalaman terpaksa menggunakan laptop di kereta.  Kenapa? 
Jadi ceritanya saya mau ke tempat saudara saya di Bandung, mumpung ada yang ajak dan di-gratis-in tiket PP. Ketika itu, kuliah libur alias minggu tenang tetapi bisa dibilang itu minggu deadline semua tugas. Tapi rasanya sayang kalau saya tidak ikut pergi ke Bandung, jadilah saya berangkat dan tetep ngerjain tugas-tugas via laptop di kereta. Maklum deadline sudah dekat. Bayangkan! Kereta yang jesss jesss jesss begitu, terus saya harus tetep fokus sama kerjaan tugas-tugas di laptop saya. Uh! Rasanya something banget!  Mana laptop saya panas, jadinya paha berasa kebakar. Tapi mau bagaimana lagi kadang memang harus seperti itu, kita harus bisa switchable dong antara kuliah dan hobi. Haha

Dari pengalaman-pengalaman seperti itu, akhirnya saya mulai berpikir untuk cari laptop baru, apalagi laptop saya sudah dari jaman kelas 1 SMA. Tahu sendiri kan? Kalau laptop jaman dulu tu berat-berat, hampir 2-3 kg. Peforma laptop sayanya pun sekarang sudah jauh berkurang dan kalau dihidupin selalu “berisik”, mungkin kepanasan kali ya??

Jadilah saya searching-searching di google dan tanya teman-teman, laptop atau notebook yang ringan dan powerfull. Harus powerfull, soalnya bakal sering digunakan untuk coding program, kan jurusan saya berkaitan dengan komputer, jadi yaa harus powerfull. Dan akhirnya saya direkomendasikan Acer Switch Alpha 12, Notebook dengan Performa Tinggi Tanpa Kipas oleh teman saya. 

sumber: http://www.acerid.com/wp-content/uploads/2016/10/thumbnail-6-600x397.png

Mengapa acer?

Karena teman saya memang pecinta Acer. Haha. Tapi katanya ACER cepet rusak? Tidak benar! Karena laptop/notebook rusak kan tergantung pemakaian dan penggunaan si empunya. Laptop teman saya ACER dan sudah hampir 5 tahun dia memakai laptop itu, masih lancar jaya. Makanya dia suka sekali sama ACER.
Balik lagi ke Notebook Acer Switch Alpha 12.

Notebook apa itu?

Notebook Acer Switch Alpha 12 adalah Notebook Hybrid Intel Core Pertama Tanpa Kipas di seluruh Dunia. Jadi suara bising dan panas pada paha ketika menggunakan notebook/laptop di perjalanan tidak akan terasa.

Apa lagi keunggulan Notebook Acer Swith Alpha 12?
Banyak sekali keunggulan dari notebook produksi Acer ini, selain tanpa kipas, diantaranya

Performa dan kinerja terbaik
Kinerja notebook Acer Switch Alpha 12 ini pun tidak perlu diragukan lagi karena dilengkapi dengan Intel Core i Series generasi ke-6 yang memiliki kinerja kencang dan hemat energi. Apalagi di jaman sekarang kebanyakan notebook masih menggunakan teknologi Intel Core M-Series, yang levelnya masih di bawah Acer Switch Alpha 12.

Sumber: http://www.acerid.com/wp-content/uploads/2016/07/1-600x318.png
Untuk processornya, tersedia berbagai pilihan diantaranya Intel Core i5-6200U dan Intel Core i7-6500U, tidak ketinggalan jaman dong tentunya dan peformanya dijamin joss. Harga Notebook Acer Switch Alpha 12 dengan Intel Core i5-6200U berkisar Rp 13,799,000 dan untuk Notebook Acer Switch Alpha 12 dengan Intel Core i7 berkisar Rp 19,999,000.

Yahh, memang tidak murah sih, tapi kualitas yang ditawarkan dari notebook ini pun cukup menggiurkan.

Kecepatan transfer data yang super cepat dan multifungsi
Notebook Acer Switch Alpha 12 dapat mentransfer data hingga kecepatan 5 Gbps dan port USB-nya dapat digunakan untuk mengalirkan daya listrik hingga 4,5 W. Jadi bisa sekalian men-charge­ gadget

Ramah pada mata dan Gambar yang dihasilkan lebih tajam
Notebook Acer Switch Alpha 12 ini saya sebut “ramah pada mata”. Mengapa? Karena ternyata Acer Switch Alpha 12 dilengkapi dengan BlueLight Shield yang mampu meminimalkan emisi cahaya biru pada layar sehingga tidak membuat mata mata kering dan cepat lelah, saat menggunakan notebook.

Cocok sekali notebook ini untuk mahasiswa banyak tugas seperti saya. Karena saya itu sebenarnya sering begadang dan berlama-lama di depan laptop untuk mengerjakan tugas. Apalagi begadang, setiap minggu malam, pasti saya begadang karena hari minggu biasanya selalu ada kegiatan bersama teman dan terpaksa malemnya begadang untuk mengerjakan tugas hari senin.
Sumber: http://www.acerid.com/wp-content/uploads/2016/07/4-600x318.png

Apalagi ternyata notebook Acer Switch Alpha 12 ini memiliki layar 12 inchi dengan resolusi QHD (2160 x 1440 pixel) yang telah dilengkapi teknologi IPS sehingga gambar dan warna yang dihasilkan lebih tajam.

Selain itu notebook ini juga dilengkapi dengan teknologi keyboard docking yang berfungsi untuk screen protector sekaligus dilengkapi dengan lampu backlit sehingga kita masih bisa mengetik pada pencahayaan redup.

Ringan dan Multifungsi
Notebook Acer Switch Alpha 12 ini bisa dijadikan tablet ataupun sebaliknya. Jadi kalau mau menggunakannya ketika di perjalanan travelling tentu bisa sekali. Sambil travelling sambil ngerjain tugas. Apalagi notebook ini hanya seberat 1,25 kg, ringan sekali jadi cocok jika mau dibawa-bawa. 
Sumber: http://www.acerid.com/wp-content/uploads/2016/10/%5EA11E0B4B42C3B8955024CD209FB073DB7826A13E5F49E94D8F%5Epimgpsh_fullsize_distr-600x318.png
Fitur kickstand-pun membuat notebook ini tambah nilai plus-nya, karena kita bisa mengatur sudut pandang yang nyaman hingga 165° dengan kickstand yang disediakan Acer.

Bisa dibayangkan dong, kalau travelling tentu inginnya barang yang dibawa se-sedikit mungkin. Jadi dengan notebook ini tentu nyaman sekali. Bisa dijadikan tablet untuk mencari destinasi wisata yang cocok, rute yang dilalui, pesan hotel dan lain sebagainya bisa langsung dengan notebook. Menggunakan Handphone juga bisa, tetapi kalau di perjalanan tiba-tiba ada email masuk terkait kerjaan/tugas dan mengharuskan kita untuk segera mengerjakannya, pasti lebih asyik notebook dong.

Active Pen yang menggiurkan
Sumber: http://www.acerid.com/wp-content/uploads/2016/10/%5E10164A33A5C7D3E16B7DF6A1228D999C30FC916CD2C5B6AA7B%5Epimgpsh_fullsize_distr-600x318.png
Selain itu Acer Switch Alpha 2 ini juga menyediakan Active Pen yang dapat digunakan untuk mengatur tipis tebalnya garis dan membuat sketsa digital lebih tepat dan presisi. Cocok sekali untuk menggambar karakter game yang sesuai dengan tema tugas multimedia saya. Apalagi ketika travelling pengen gambar-gambar, langsung deh keluarin Acer Switch Alpha 12. Mumpung ada inspirasi dan bisa jadi view di salah satu game. Kan asyik kalau saya punya notebook 2 in 1 keren ini.

Tanpa Kipas
Seperti saya bilang tadi, notebook Acer Switch Alpha 12 ini tidak menggunakan kipas.

Terus bagaimana jika laptop kepanasan? Nanti cepat rusak?

Tenang! Untuk pendingin, Acer Switch Alpha 12 berbeda dari yang lain yaitu menggunakan teknologi LiquidLoop™, sistem pendingin yang menstabilkan suhu komponen notebook tanpa menggunakan kipas. Keren kan? Jadi notebook dijamin awet dingin, tidak panas, dan tidak berisik. Tidak bakal merasakan paha panas  dan suara berisik lagi dong kalau pas ngerjain tugas di perjalanan J asik

Terus bagaimana jika ada debu di dalam laptop?

Debu tidak akan dapat bersarang di notebook ini. Mengapa? Karena notebook tidak memiliki kipas sehingga tidak perlu ventilasi, dan jika tidak ada ventilasi maka tentu tidak ada jalan sirkulasi udara untuk keluar masuk debu dong. Jadi dijamin bebas debu!!

Untuk lebih jelasnya, berikut spesifikasi dari Acer Switch Alpha 12

Processor
Intel® Coreâ„ ¢ i5-6200U processor (3 MB L3 cache, up to 2.8 GHz)
Intel® Core™Â  i7-6500U processor (4 MB L3 cache, up to 3.1 GHz)
Operating System
Windows 10 Home 64-bit
Storage
256GB SSD
512GB SSD
Memory
4GB DDR3
8GB DDR3
Graphic
Intel® HD Graphics 520
Connection
Wifi 802.11a/b/g/n/ac
Bluetooth® 4.0
Battery Capacity
4,870 mAh / up to 8 hours
Display
12″ IPS QHD (2160 x 1440) Multi Touch
Dimension
292.1 (W) x 201.4 (D) x 15.85 (H) mm – pad and dock
Weight
1.25 kg
Camera
5 MP Camera
Port
1x USB 3.0
1x USB 3.1 Type C
1x Micro SD card slot
Color Option
Silver



 Yuk bagi teman-teman yang bisa switchable antara profesi dan hobi, tuliskan saja ceritanya dan ikuti lomba Swithable Me disini. Bisa dapat berbagai hadiah menarik lho.

Sumber: http://www.acerid.com/2016/10/yuk-ikuti-switchable-me-story-competition-dengan-switch-alpha-12/

No comments:

Post a Comment