23 February 2017

WATTPAD, APLIKASI BACA BUKU GRATIS TANPA KONEKSI DI ANDROID



Kalau sedang nganggur, bosen, tidak ada kerjaan, tentunya enak banget kalau baca buku, yaa sekedar untuk membuang waktu sambil refreshing. Apalagi kalau baca bukunya gratis dan banyak banget pilihannya. Menarik bukan?

Aplikasi ini juga gratis downloadnya. Yang menariknya lagi, kita tidak perlu selalu terkoneksi dengan internet untuk mengakses buku-buku yang tersedia di aplikasi ini. Mau tahu aplikasi apa itu?

Namanya WATTPAD. Disini kamu bisa membaca berbagai genre novel secara gratis. Sebenarnya wattpad ini merupakan aplikasi berbagi cerita, menurut saya. Jadi novel, buku ataupun cerita-cerita yang ada di wattpad adalah hasil karya yang di­-publish sendiri oleh penulisnya. Kebanyakan dari penulis-penulis wattpad adalah orang-orang yang senang menulis dan menyalurkan hobinya itu disini. Mereka ingin mengetahui tanggapan orang lain mengenai hasil karya tulisan mereka...yaa di wattpad ini tempatnya.
Bagi orang yang senang membaca untuk menghilangkan kejenuhan, seperti saya, tentunya ini menarik sekali. Kita bisa membaca cerita-cerita menarik secara gratis, tanpa koneksi internet dan bisa lewat handphone. Selain itu karena cerita-cerita ini di-publish ­sendiri oleh penulisnya jadi kita bisa ngobrol langsung ke penulisnya lewat aplikasi wattpad ini, bisa mengenal lebih dekat dan belajar langsung dari penulisnya.
Cerita yang ada di wattpad ini ada berbagai genre diantaranya Action, Adventure, ChickLit, Classics, Fanfiction, Fantasy, General Fiction, Historical Fiction, Horror, Humor, Mystery/Thriller, Non-fiction, Paranormal, Poetry, Random, Romance, Science Fiction, Short Story, Spiritual, Teen Fiction, Vampire, Werewolf. Hmm sekitar ada 22 genre cerita berarti.. Banyak kan?
Untuk kamu yang pertama kali ingin mencoba aplikasi baca buku gratis, wattpad, ini kamu bisa mendowloadnya di google playstore di link berikut. Oya jangan lupa buat dahulu akun kamu ya. Cukup dengan isikan alamat email dan nama dan kata sandi saja kok. Mudah dan simple! Untuk kamu yang suka akses dengan PC ataupun laptop cukup ke link https://www.wattpad.com/
Seperti saya katakan sebelumnya, di wattpad ini kamu bisa membaca buku tanpa koneksi internet. Tidak seperti google play books yang memang menyediakan buku gratis untuk dibaca tetapi sayangnya harus terkoneksi internet. Ketika membeli buku di playstore pun, untuk membacanya harus terkoneksi internet. Cukup menyusahkan sih bagi saya. Jadi saya merekomendasikan aplikasi wattpad ini bagi kamu yang senang membaca cerita tapi tidak ingin pusing masalah kuota.
Oya sebenarnya berbagai cerita di wattpad ini kebanyakan belum diterbitkan menjadi buku cetak. Yaa seperti saya katakan sebelumnya, wattpad ini semacam survey untuk mengetahui minat pembaca akan karya “penulis-penulis baru”. Tentunya “penulis-penulis baru” yang saya maksud disini adalah para member-member wattpad yang ingin menjadi penulis baru. Kebanyakan dari cerita-cerita yang sudah tamat dan banyak peminatnya, penulis akan mengadakan OPEN ORDER untuk pencetakan buku tersebut atau bahkan ada yang akhirnya ditawari penerbit besar untuk mencetak bukunya secara massal. Keren banget kan? Jadi bagi kamu yang suka membaca dan ingin mencoba menulis suatu cerita, bolehlah coba di-publish di wattpad ini, siapa tahu ternyata karyamu disukai dan ternyata kamu memang berbakat menulis. Insya Allah. Amin.
Di wattpad ini, kamu juga bisa sharing ataupun berbagi ilmu dengan para “suhu” yang memang sudah lama berkecimpung di dunia per-wattpad-an. Sudah banyak event kumpul-kumpul penulis wattpad di setiap kotanya, forum-forumnya pun sudah banyak, tinggal ikutan saja jika kamu tertarik. Pokoknya wattpad ini menarik sekali bagi kamu yang suka membaca. Aplikasi baca buku gratis tanpa koneksi internet. Oiya, jika kamu ingin membaca novel atau cerita dari negara lain dengan bahasa selain bahasa Indonesia, tinggal atur saja pengaturan Bahasa di Setting/Pengaturan. Bahasanya ada bermacam-macam dari Inggris, Malaysia, Turki, Arab, dan lain-lain.
Oya ada satu lagi yang lupa. Setiap tahun wattpad selalu mengadakan Watty Awards, jadi di watty award ini karya-karya penulis wattpad akan dikompetisikan sesuai dengan jenis kategori lombanya. Jenis kategorinya antara lain  Penceritaan Visual, Cerita Unik, Penulis Pertama kali, Cerita kurang dikenal, Cerita luar biasa, Cerita Sosial, Edisi kolektor, Pendatang Baru, Pilihan Staff, Pilihan pembaca. Jika memenangkan salah satu kategori, penulis akan mendapatkan hadiah berupa promosi yang akan dilakukan oleh wattpad sendiri jadi bisa saja nanti cerita kamu akan dilirik penerbit. Untuk mau tahu lebih lanjut mengenai Watty Awards ini bisa dilihat disini. Menarik kan? Kita bisa tahu mana cerita yang populer dan menarik versi wattpad dan pembaca melalui watty award ini. Bagi penulisnya tentu rasanya bangga sekali jika bisa menang dan tentunya menambah pembaca baru untuk karyanya.

No comments:

Post a Comment