02 April 2017

CARA MENGGANTI FAVICON BLOGSPOT



Favicon blogspot adalah gambar atau icon yang muncul pada bagian atas satu website. Kalau di blogspot biasanya favicon defaultnya icon blogspot yang berwarna orange. Tapi kadang ada yang orang yang ingin favicon atau icon berbeda dengan website lainnya.
Favicon default Blogspot
Mudah kok caranya, Yuk simak aja


1. Persiapkan gambar icon yang Square image
Square image maksudnya ukuran gambar haruslah persegi, bisa 100 x 100 mm, bisa 5 x 5 mm, dan lain sebagainya.

2. Ukuran gambar usahkan 16 x 16 pixel atau 32 x 32 pixel
Ukuran gambarnya kecil saja untuk menghindari loading yang lambat

3. Convert gambar ke format ICO


Agar favicon kamu bisa muncul, format gambar iconnya haruslah ICO. Bila gambar yang kamu buat formatnya bukan ICO melainkan PNG, JPG, GIF, BMP, dll cukup convert saja di https://www.icoconverter.com/ (Sebaiknya format sebelumnya : PNG agar bagus hasilnya)
https://www.icoconverter.com/
Kamu tinggal memasukkan gambar kamu melalui tombol browse. Pilih saja ukuran/size yang 16 pixel, lebih kecil lebih bagus karena mempercepat loading website. Kemudian untuk bit depth, tinggal pilih salah satu saja, bisa yang 8 bit ataupun 32 bit (tentu lebih bagus yang 32 bit karena lebih banyak penggunaan warnanya)

4. Saatnya mengganti gambar favicon blogspot


Masuk ke pengaturan blogspot di https://blogger.com selanjutnya pilih “layout” dan “edit favicon”

Masukkan gambar favicon yang baru melalui tombol browse pada konfigurasi favicon. Selanjutnya simpan gambar.

5. Tunggu 1 hingga 7 hari sampai gambar favicon yang baru muncul.
Harap sabar ya.. Karena memang tidak bisa langsung berganti hari itu juga.
Awalnya saya juga tidak percaya, sudah mengikuti tutorial tapi kok tidak bisa muncul faviconnya ... eee ternyata saya baca di web lainnya memang katanya harus menunggu. Jadi saya tunggu deh. Dan hasilnya... taraaaammmm
 
Favicon setelah penantian 6 hari
Nb: Sepertinya favicon saya bentuk kotak ada putih-putihnya karena gambar yang saya jadikan ICO, tadinya berformat JPG bukan PNG. Jadinya ya seperti itu....haahhh...males gantinya lagi. Besok besok deh.hahaha. Terima kasih sudah membaca tutorial saya 😃

[Update]
Akhirnya favicon saya sudah saya ganti ke yang PNG dan jadinya seperti ini.
Faviconnya tidak ada putih-putihnya lagi

No comments:

Post a Comment